Kekayaan Laut Di Maratua Kalimantan, Indahnya Liburan Sambil Menyelam dan Menikmati Pemandangan Laut Kalimantan

Dunia bawah laut Kalimantan memiliki keanekaragaman hayati yang begitu menakjubkan. Terumbu karang pulau Maratua dan kepulauan Derawan, yang terletak di jantung Segitiga Terumbu Karang, adalah salah satu titik menyelam terbaik di dunia yang kaya dengan beragam jenis kehidupan laut.

Maratua, Gambar@Garuda Indonesia Magazine

Tak jauh dari daratan Kalimantan Timur, Maratua adalah pulau berbentuk sabit yang indah dengan pasir putih, hutan bakau dan air jernih berwarna safir. Dengan luas lebih dari 380 km2, pulau karang besar ini dihuni lima desa nelayan. Sbagian beasar wilayahnya adalah surga margasatwa yang belum tersentuh.

Perairan di sekitar Maratua kaya dengan biota laut, mulai dari spesies penyu hingga ikan pari manta serta beraneka jenis ikan tropis yang sebanding dengan Raja Ampat dan Kepulauan Solomon. Kombinasi tempat menyelam kelas dunia dan pulau-pulau yang mempesona ini menjadikan Maratua sebagai salah satu destinasi baru paling menarik di Indonesia bagi para pecinta pantai, penyelam dan snorkeler..

Pemandangan Bawah Laut Maratua, Gambar@Garuda Indonesia Magazine

Maratua juga merupakan salah satu tempat terbaik dunia untuk snorkeling dan menyelam bersama penyu hijau, karena besarnya populasi hewan jinak tersebut yang menghuni dan bermigrasi melintasi  kawasan ini. Salah satu titik menyelam paling popular di kenal dengan julukan “Turtle Traffic”, karena banyaknya penyu yang bisa ditemukan di sini. Tak hanya disekitar terumbu karang, para penyelam yang menjelajahi kanal bawah laut antara Pulau Maratua dan Nabucco dapat menemukan sepesies pelaghis yang lebih besar, seperti manta, hiu perontok yang langka dan pari elang berenang di arus deras.

Di pulau ini juga memiliki beragam akomodasi, mulai dari homestay yang terjangkau untuk para backpacker hingga Maratua Paradise Resort yang mempesona. Dari jendela kamar resort, yang di bangun dengan model rumah panggung di atas perairan yuang jernih, pengunjung dapat menikmati pemandangan unik penyu hijau yang sedang berenang.

Selain Maratua, terdapat kepulauan derawan yang mencakup Pulau Derawan, Sangalaki, Kakaban, Panjang dan Samama, serta banyak pulau dan terumbu lainnya.

Diantara Pulau-pulau ini, Derawan lah yang paling terkenal dan mendapat pengakuan Internasional pada tahun2014, yakni terpilih sebagai “Favorit Pembaca” dalam daftar destinasi “Terbaik Dunia” versi majalah National Geographic Traveler.

Kepulauan Kalimantan Timur adalah salah satu surga tersembunyi di Indonesia, yang menawarkan pengalaman luar biasa bagi para pecinta laut dan pantai. Temukan keindahan alam Indonesia yang sangat menakjubkan , baik itu di bawah maupun di atas lautnya.

 

Sumber : Garuda Indonesia Magazine

Download Apps Setrip disini: goo.gl/SRNYpD