Mencicipi Makanan Khas Nusantara, Cita Rasa Pulau Jawa

Pulau Jawa, salah satu pulau bessar di Indonesia dan merupakan pulau terpadat di Indonesia, pulau jawa merupakan tempat berkumpulnya orang dari berbagai suku yang datang dari luar Pulau. Beserta pengaruh yang di bawanya dari tanah asalnya.

 

Terdapat 150 juta jiwa penduduk yang menghuni Pulau Jawa mulai ujung Timur hingga ujung Barat, wajar saja jika suatu saat ada perbedaan kecendrungan dalam hal cita rasa. Kota di bagian Timur, Surabaya, dikenal dengan masakannya yang bercita rasa pedas. Namun di sebelah baratnya di Kota Jakarta, cita rasa yang di tawarkan lebih fariatif dikarenakan adanya pengaruh Arab, Asia Selatan dan Tiongkok. Sementara dibagian antara timur dan barat, masyarakat di Jawa Tengan lebih menyukai masakan bercita rasa manis dan asin. Contoh makanan dengan rasa manis ada pada makanan kacang tanah dengan gula, atau yang biasa di kenal dengan enting-enting gepuk, semacam nougat asal Salatiga. Dan rasa asin ada pada telur bebek khas Brebes atau pada lumpia isi rebung khas Semarang.

 

Jika anda berkunjung ke Jawa Tengah, maka belum lengkap rasanya jika anda belum mencicipi masakan favorit berbahan nabati, Gudeg. Biasanya gudeg tidak pernah disajikan sendirian, selalu bersama pelengkap lainnya. Ada beberapa macam gudeg yang dapat dicoba, karena disetiap tempat di pulau Jawa pembuatan gudeg sendiri memiliki beberapa variasi pada penggunaan bahan masakan, tekstur dan juga cita rasa. Begitu cintanya masyarakat Yogyakarta pada gudeg, sehingga mereka menjuluki kotanya dengan Kota Gudeg. Ada dua jenis gudeg, yaitu gudeg kering dan gudeg basah. Bagi masyarakat Solo gudeg basah lebih dusukai dengan rasa yang tidak terlalu manis, dan tampilan warna putih. Sementara masyarakat Yogyakarta lebih menyukai gudeg kering, dengan rasa lebh manis dan tampilan warna merah kecoklatan.

 

Hal yang membuat gudeg tidak sama adalah pada bahan utamanya. Di Yogyakarta, putik buah kelapa adalah bahan utama untuk gudeg manggar, sementara rebung dijadikan sebagai bahan utama untuk memasak gudeg rebung. Namun demikian kedua resep itu tidak dikenal selain di pulau jawa.

 

Nah itu tadi cita rasa dari pulau Jawa yang harus di coba bila sedang ke pulau Jawa. Ada yang sudah pernah coba gudeg, baik dari Solo ataupun Yogyakarta..?

 

Sumber : Garuda Indonesia Magazine

Kunjungi Juga : http://www.persadasuburmakmur.com