Menjelajah Tebing di Coban Sumber Pitu Malang, Tujuh Titik Air Terjun Bak Surga Dunia

Ada dua tempat Air Terjun dengan nama Air Terjun Sumber Pitu di malang, namun kali ini kita akan bahas Air Terjun yang belokasi di Pujon, bagian Barat dari Kabupaten Malang. Dan yang satu lagi belokasi di Duwet Krajan, ujung Timur Kabupaten Malang. Jarak tempuh antara kedua lokasi Air Terjun tersebut cukup jauh yaitu sekitar 2 jam perjalanan.

 

Untuk bisa sampai ke Lokasi Air Terjun Sumber Pitu dari kota Malang, anda harus berkendara kearah Batu. Kemudian menuju ke Arah Pujon atau Jombang-Kadiri. Setelah melewati tugu atau patung sapi, berbelok kekanan lalu kekiri dan anda akan bertemu dengan pertigaan Ringin Punden. Setelah itu, jalan terus mengikuti jalan hingga bertemu dengan papan arah ke Sumber Pitu. Dan akhirnya  belok ke kiri dan anda akan melihat pintu registrasi untuk masuk kekawasan Sumber Pitu.

 

Namun perjalanan anda belum berakhir. Karena anda harus melewati 2 pos pemberhentian. Di pos pertama anda hanya perlu membayar Rp10.000 untuk tiket masuk. Jika anda ingin mengisi perut anda bisa membelinya di warung yang banyak warung yang disediakan dan juga ada fasilitas umum seperti toilet. Selain itu anda juga bisa menemukan camping ground jika anda ingin bercamping sambil menikmati indahnya alam Malang.

 perjaanan ke Sumber Pitu/Image@phinemo.com

Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 anda bisa menggunakan mobil atau motor, namun dalam perjalanan anda harus berhati-hati, karenan jalanan yang belum diaspal, dan perjalanan anda akan terjal dan berkelok-kelok.

 

Masyarakat setempat juga menyediakan ojek untuk pengunjung yang tidak ingin membawa kendaraan sendiri, anda cukup membayar Rp30.000 untuk naik ojek menuju ke pos 2. Perjalanan dari pos 1 ke pos 2 membutuhkan waktu sekitar 15 menit jika mengendarai motor atau mobil dan jika anda mendaki akan memakan waktu sekitas 30  menit.

 

Setelah sampai di pos 2 anda harus beristirahat sejenak sebelum perjalanan yang sebenarnya di mulai. Sembari istirahat, anda bisa mencoba secangkir kopi hangat atau mencoba makanan cepat saji sebelum melanjutkan perjalanan. Di pos 2 ini anda harus mengumpulkan tenaga, karena dari pos 2 menuju ke lokasi Air Terjun tidak boleh menggunakan sepeda motor, jadi anda harus mendaki dengan waktu yang cukup panjang.

 

Setelah meninggalkan pos 2 anda akan mendaki selama lebih kurang 1 jam pendakian. Perjalanan memang menguras tenaga dan sangat melelahkan. Namun jangan khawatir, karena masyarakat setempat telah menyediakan fasilitas seperti bangku kayu di beberapa titik untuk tempat instirahat. Tak hanya itu, pemandangan di kawasan milik perhutani ini juga bisa membuat lelah kita tak terasa.

               

Setelah menempuh perjalanan yang panjang dan melelahkan, anda akan di sambut oleh Air Terjn yang menyegarkan. Namun itu bukanlah Sumber Pitu tapi itu adalah Sumber Siji dan anda akan menempur 100 meter lagi untuk bisa melihat Sumber Pitu yang indah bak permata Malang dan tersembunyi.

 Air Terjun Sumber Pitu/Image@phinemo.com

Akjirnya anda akan bertemu dengan dengan tebing bertitik 7 yang menjadi tujuan utama anda. Derasnya air yang turung diiringi dengan hijaunya pemandangan sekitar dapat membuat lelah anda  terhapuskan.

Jika anda masih kuat untuk mendaki maka cobalah untuk mendaki ke Air Terjun Sumber Papat yang terleak 50 meter dari Sumber Pitu.

 

Jika ansa ingin berwisata kesini, disarankan anda sudah berada di Air Terjun di pagi hari agar anda bisa menghabiskan waktu lebih lama untuk menikmati indahnya ciptaan tuhan yang tiada tara.

 

Sumber : https://phinemo.com
Kunjungi Juga : http://www.persadasuburmakmur.com