Menikmati Indahnya Ciptaan Tuhan di Kalimantan, Hala-hal yang Harus Anda Lakukan Ketika Berwisata Ke Pulau Kakaban di Kepulauan Derawan Kalimantan

Pulau Kakaban menjadi salah satu pulau yang unik di Kepulauan Derawan Kalimantn Timur, pulau yang memiliki danau di tengah-tengah pulau menjadi habitat ubur-ubur yang hanya ada dua didunia. Ubur-ubur ini hidup di Pulau Kakaban dan Kepulauan Micronesia di kawasan tenggara Laut Pasifik.

 Berenang Bersama Ubur-ubur/image@phinemo.com

Destinasi Pualau Kakaban ini sering di kenal di kalangan wisatawan sebagai Danau Kakaban. Awalnya danau ini terbentuk di zaman prasejaran, tepatnya di masa peralihan Holosin. Luas Danau Kakaban ini adalah 5 km2 dengan dinding arang yang terjal setinggi 50 meter. Konon dari sinilah Danau Kakaban terbentuk, ketika air laut terperangkap dan tak bisa kembali lagi ke laut.

 

Di pulau Kakaban ini anda bisa melakukan banyak kegiatan seperti :        

 

Berenang Bersama Ribuan Ubur-ubur Yang Tak Menyengat

Ada beberapa jenis ubur-ubur yang hiduo di Pulau Kakaban. Di antaranya Ubur-ubur terbalik (Cassiopea Omata dengan ukuran 15-20 cm), ubur-ubur bulan (Aurelia Aurita dengan ukuran 25-40 cm), ubur-ubur kotak yang besarnya seukuran ujung jari telunjuk (Tripedalia Cvytophora dengan ukuran 7-10 cm) dan ubur- ubur botol (Mastigias Papua dengan ukutan 1-20 cm)

 

Bagin wisatawan yang ingin berenang bersama ubur-ubur Danau Kakaban harus memperhatikan beberapa larangan seperti tidak boleh menggunakan kaki katak atau fin. Hal ini di karenakan ubur-ubur yang sangat rentan terhadap sentuhan, jadi lebih baik berenang dengan telanjang kaki. Selain itu juga harus menghindari penggunaan bahan-bahan kosmetik seperti sun screen atau sun block. Karena bisa mencemari air danau dan bisa mengganggu kehidupan ubur-ubur.

 

Menikmati Ciptaan Tuhan yang Menakjubkan Baik Di Darat Maupun Di Perairan

Tak hanya di perairan saja yang menakjukan, didarat pun tak kalah menakjubkan. Seperti kawasan hutan yang rimbun dan masih asli yang dapat wisatawan jumpai sebelum sapai ke Danau Kakaban. Ditumbuhi berbagai jenis tumbuhan yang mungkin belum pernah ditemui di luar pulau.

 Danau Kakaban/image@phinemo.com

Ada beberapa tumbuhan besar yang hidup di Pulau Kakaban, misalnya pohon Bakung, Asin-asin, ligayan, ubal, bullung-bullung, puut, dan ipil. Masih banyak lagi jenis pohon yang hidup di hutan ini, namun masih sedikit yang telah di beri nama oleh penelola pulau ini.

Untuk bisa mencapai kawasan Danau Kakaban wisatawan harus menempuh anak tangga menankjak. Ada juga satu spot dimana wisatawan dapat mengabadikan Danau Kakaban dari ketinggian. Sehingga akan terlihat birunya air danau dan rimbunnya hutan yang hijau.

 

Mengunjungi Resort Berlatarbelakang Alam Yang Menajubkan

Untuk menikmati resort yang mewah tak perlu ke luar negeri, karena yang tak kalah mewah dengan background pemandangan alam yang indah juga ada di dalam negeri kita yang tercinta ini.

 Resort Dekat Pulau Kakaban/image@phinemo.com

Meskipun di Pulau Kakaban sendiri belum ada resort, namun tak jauh dari pulau ini sudah banyak resort yang bisa disewa oleh wisatawan. Sa;ah satunya adalah Grenn Nirvana Maratua Resort yang jaraknya 8,2 km dari Kakaban. Resort yang mengusung konsep eco green ini terdiri dari bahan bangunan ramah lingkungan. Bahan-bahan bangunan yang bisa didaur ulang kembali bila sudah tidak digunakan lagi.

 

Panorama yang ditawarkan oleh Green Nirvana Maratua Resort adalah keindahan pantai Maratua dengan hamparan pasir putihnya. Resort ini juga terletak tak jauh dari bandara sehingga memiliki akses transportasi yang mudah.

Beberapa resort dan penginapan lain yang juga terlerak tak jauh dari pulau Kakaban adalah Pratasaba Resort (9,8 km), Maratua Paradise resort (10,2 km), Nunukan Island Resort (10,4 km), Maratua Guesthouse (13,3 km), Nouri Cottages (13,8 km), Virgin Cocoa (21,2 km) dan Nabucco Island Resort (21,4 km)