Mengenal Masakan Khas Papua Yang Bikin Anda Penasaran

Indonesia merupakan negara kepulauan dengan begiu banyak suku, budaya dan juga masakan tradisional. Dari sabang hingga merauke memiliki cita rasa masng-masing dalam masakan tradisionalnya. Seperti di Papua yang memiliki jenis makanan yang aneh tapi juga lezat, membuat anda bisa penasaran dan ingin mencobanya. Yuk langsung saja kita simak..

 

PAPEDA

Papeda merupakan salah satu makanan khas wilayah Indonesia Timur.bahan utama dari papeda adalah sagu, sagu di olah menjadi seperti bubur yang berwarna putih dan teksturnya lengket seperti lem. Tapi bisa dimakan kok

Papeda memiliki rasa yang hambar. Biasanya papeda dimakan  dengan menggunakan ikan yang diolah menjadi makanan berkuah. Biasanya ikan yang di pakai seperti tongkol atau mubara, dimasak menjadi ikan kuah kuning. Cara makan papeda beda dengan makanan lainya, jika makan papeda langsung telan saja tak perlu dikunyah dan ambilah kuah yang banyak agar mudah menelan papeda ini.

 

UDANG SELNGKUH

Udang Selingkuh/image@masfikr.com

Disebut udang selingkuh karena bentuknya, udang yang capitnya mirip dangan kepiting. Itu lah kenapa udang ini dinamakan udang selingkuh. Mungkin dia selingkuh sama kepiting kali yaaa..

Udang ini sangat populer di Wamena, Papua Barat. Biasanya di masak dengan cara di goreng, direbus, atau dibakar, sesuai selera anda.

 

MARTABAK SAGU

Martabak yang berbahan dasar sagu ini beda dengan yang lainnya. Cara membuatnya, sagu digoreng dan di tambahi saus yang terbuat dari gula merah,  jadi rasa makanan ini manis.

Martabak inik berasal dari Kabipaten Fakfak yang rasa dn bentuknya berbeda dengan martabak lainnya.

 

IKAN BAKAR MANOKWARI

Ikan bakar khas Manokwari ini dibuat menggunakan ikan tongkol. Untuk menyantap makanan ini biasanya ditemani dengan sambal yang rasanya pedas. Sambal yang beda dengan sambal yang biasa anda makan tentunya.

 

IKAN BUNGKUS

Ikan Bungkus/image@masfikr

Ikan bungkus memang sedikit mirip dengan ikan pepes dan dengan resep yang hampir sama. Yang membedakan adalah bahan dasarnya, ikan bungkuns menggunakan ikan laut. Bumbu yang digunakan agak lebih bergaram dan untuk pembungkusnya ada sedikit tambahan daun salam.

 

SATE ULAT SAGU

makanan yang aneh, tapi makanan ini menjadi makanan khas papua yang cukup populer.

Ulat sagu yang didapat dari pohon sagu yang sudah tua dan lapuk. Bagi masyarakat papua makanan dari ulat sagu ini sudah biasa. Masakan ini mudah ditemui di Raja Ampat. Jika ande ingin mencoba makanan ini, anda bisa berkunjung ke Raja Ampat sambil liburan menikmati pemandangan yang menakjubkan.

 

Nah itu tadi makanan khas Papua yang bikin penasaran bagi yang belum pernah mencobanya.

 

Sumber :masfikr.com
Kunjungi Juga : http://www.persadasuburmakmur.com