Kue Gandus, Si Lembut Ber-topping Cantik dari Palembang

MEMBICARAKAN kuliner khas Sumatera Selatan tak ada habis-habisnya. Bumi Sriwijaya tak hanya kaya akan kuliner olahan ikan yang menjadi ciri khasnya, tapi juga memiliki banyak kudapan tradisional atau kue-kuean.

Salah satu jenis kue tradisional khas Palembang yang terkenal yaitu kue gandus. Kue gandus merupakan kue basah berukuran kecil tanpa bungkus.Kue gandus dibikin dari bahan utama tepung beras,ditambah santan dan pandan. Pertama-tama santan dan pandan direbus dengan dicampur tepung sedikit demi sedikit hingga mengental. Jangan lupa diberi sedikit garam.

 

Setelah adonan mengental baru dicetak di loyang. Adonan ini kemudian dikukus. Pengukusan dilakukan dua kali setelah diberikan bumbu di bagian atasnya.Bumbunya atasnya atau topping kue gandus yaitu udang ebi, potongan seledri dan cabai merah, serta bawang goreng. Tekstur kue yang lembut ditambah udang dan bumbu membuat penganan ini terasa sangat gurih ketika dinikmati.

 
Selain di Palembang, kue gandus juga ditemukan di daerah lain seperti Jambi dan Lampung. Kue lain sejenis ini juga ditemukan di Betawi yang disebut kue talam.
Kalau berwisata kuliner ke Sumsel kue gandus bisa kamu coba. Kamu bisa mencarinya di pasar-pasar tradisional atau di warung-warung yang menyediakan kue-kue untuk sarapan.

Sumber: merahputih.com
Download Apps Setrip disini: goo.gl/SRNYpD
Untuk info tourism, kuliner dan tips, bisa kunjungi : http://www.setrip.id/blog
Kunjungi Juga : http://www.persadasuburmakmur.com